Surat Mahasiswa KKN Unhas dari Pendolo

29 Jul 2016 , oleh humas01

Masjid Pendolo. (Foto Kiriman)

Desa Pendolo merupakan salah satu dari 5 sasaran lokasi KKN Tematik NKRI Poso Universitas Hasanuddin yang berada di Kec. Pamona Selatan, Kab. Poso. Penduduk desa ini mayoritas beragama nonmuslim walaupun ada sebagian yang beragama islam.  Ketika konflik terjadi beberapa tahun silam, banyak warga yang memilih meninggalkan desa ini dan mencari kehidupan yang lebih aman di tempat lain.

Kehidupan minoritas muslim di desa ini belum menggembirakan  jika dilihat dari fasilitas ibadah yang tersedia seperti masjid. Untuk  menunaikan ibadah salat saja, mereka harus menumpang di masjid desa tetangga yang jaraknya kurang lebih 5 km dari Desa Pendolo. Masjid ini pernah dibakar ketika konflik berlangsung  dan menyisakan kerusakan fisik sampai sekarang. Di antaranya banyaknya lubang pada atap masjid, cat yang sudah mulai mengelupas, menara masjid yang ditumbuhi lumut sehingga membuat  banyak retakan pada dinding-dinding menara.

Tidak hanya itu, Alquran, iqra, buku-buku agama, pakaian salat seperti mukenah juga tidak ditemukan di masjid ini. Fasilitas lain seperti tempat berwudhu untuk laki-laki dan perempuan, WC, atau pun rumah marbot/imam masjid juga tidak tersedia.

Hal lainnya adalah air yang tidak mengalir lancar sehingga untuk berwudhu atau pun buang air biasa dilakukan pada rumah warga setempat. Keberadaan masjid ini mulai difungsikan kembali pada akhir Januari 2016 untuk salat 5 waktu dan terkadang salat Jumat seiring dengan kondusifnya situasi di Poso.

Oleh karena itu, kami posko 3 yang berada di Desa Pendolo ingin menyadarkan masyarakat  agar dapat menjalankan kegiatan peribadatan dan mengembalikan fungsi masjid sebagaimana mestinya. Kami mengharapkan uluran tangan dari teman-teman  untuk saudara muslim kita di Desa Pendolo berupa : Alquran, Iqra, mukenah, tikar sajadah, tirai/partisi pemisah antara makmum perempuan dan laki-laki yang bisa dikirim pada alamat : Jln. Pelabuhan Lama No. 25 Dusun 1 RT 1 a/n Hengki Mandang,
Desa Pendolo, Kec. Pamona Selatan, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Atau pun bantuan dalam bentuk uang yang bisa dikirim ke rekening BRI 3823-01-007446-53-1 An Kiki Ayufutri.

"Marilah saling tolong menolong dalam kebaikan walaupun hanya sebesar biji Zarah" (Q.S Al-Zalzalah : 7-8). Dimohon kesediaan bapak/ibu dan saudara-saudaraku sekalian, karena apapun bentuk bantuannya semoga dapat meringankan beban mereka dan Allah swt meridai apa yang kita lakukan. Amin. Wassalamu'alaikum War. Wab.  Cp : 085246465460 Line : kikoy21

 

 

 

Read also :