Rektor Lepas Almarhum Dr. H.M. Darwis, MA., DPS

2 May 2016 , Ahmad Bahar Seremonial

Almarhum Dr. HM. Darwis, MA., DPS

Duka mendalam mewarnai upacara peringatan Hardiknas di Universitas Hasanuddin (Unhas), senin (2/5).  Dalam prolog mengheningkan cipta, Rektor Unhas yang bertindak selaku Inspektur Upacara menyerukan kepada segenap peserta upacara untuk mendoakan juga almarhum Dr. Darwis, MA., DPS semoga mendapatkan tempat yang layak di sisiNya. “Hari ini kita kehilangan teman sejawat yang penuh dedikasi, mari kita doakan juga bersama dengan tokoh-tokoh pendidikan di negara ini yang telah mendahului kita,” ucap Rektor yang sempat sesegukan ketika akan memulai mengheningkan cipta. Ketua Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unhas, Dr Muhammad Darwis, MA DPs, wafat di kediamannya di Perumahan Dosen Unhas Blok GB22, Tamalanrea, Minggu (01/05/2016) malam.

Informasi meninggalnya mantan Komisioner KPU Sulsel tersebut menyebar sejak jam 2 malam dari adiknya Iwan Taruna. Keluarga, kerabat, dan civitas akademika Unhas langsung berdatangan sejak mendengar kabar duka itu. Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu datang bersama suami. Prof Dwia secara resmi mewakili Unhas menyatakan turut berduka cita. “Kami kehilangan rekan sejawat yang berdedikasi tinggi,” ujar Prof Dwia.

Rektor Unhas juga secara resmi melepas jenazah almarhum sebelum dibawa ke Kabupaten Bone. Pelepasan dilakukan setelah dua dari tiga anak almarhum telah tiba dari pesantren. Kerabat menyebutkan, almarhum akan dimakamkan di pemakaman keluarga perkampungan Ale-e, Kabupaten Bone. Darwis wafat sekira sepekan pulang dari umrah.

Darwis lahir di Watampone 9 Juli 1961. Menyelesdaikan studi S1 Sosilogi FISIP di Unhas. S2 Sosiologi PPs-UI 1993. S3 Sosiologi PPs-Unhas serta  Diploma Population Study IIPS Demeed University Bombay, India, 1995. Almarhum pernah mengelola Penerbitan Kampus Identitas Unhas, pengurus Masjid Al-Markaz Al-Islami, anggota Komisioner KPU Sulsel serta anggota Media Center Kantor Gubernur Provinsi Sulsel. Almarhum juga acap kali menjadi narasumber media cetak dan elektronik untuk masalah-masalah kemasyarakatan. (ab)

Baca juga :