Rektor Dukung Pembangunan CPI, Namun Tetap Bersikap Kritis

15 Sep 2016 , oleh Ahmad Bahar

Gubernur Sulsel Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH,MH bersama Rektor Unhas Prof.Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., Rektor UNM Prof.Dr. Husain Syam, MTP., Rektor UIN Prof.Dr. Musafir Pababbari, M.Si Berbincang Soal CPI yang di moderatori Dr. Imam M. Fahmid

Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menyatakan mendukung pembangunan Center Point of Indonesia (CPI) namun akan tetap bersikap kritis dan berpandangan baik. Hal tersebut diungkapkan Dwia pada acara bertajuk Forum Sharing & Fairness Gubernur, Rektor & Guru Besar (Merangkai Sulsel Menjadi Masa Depan Indonesia) di Hotel The Rianra, Rabu (14/9) malam.

Dwia menyampaikan hal tersebut setelah mendengarkan pemaparan Gubernur Sulsel, yang memaparkan tujuan pembangunan CPI itu adalah untuk kemajuan rakyat Sulawesi Selatan dan untuk kepentingan kemajuan bangsa. “Jika memang itu untuk kepentingan kemajuan Sulsel dan kemajuan bangsa, tentu kita harus dukung, namun akan tetap bersikap kritis dan berpandangan baik dalam melihat proses pembangunan CPI ini,” kata Dwia.

Gubernur Sulsel Dr. Syahrul Yasin Limpo, SH,MH memaparkan rencananya melanjutkan pembangunan CPI yang ia harapkan akan menjadi icon baru di Indonesia. Syahrul memaparkan jika reklamasi yang dilakukan di Kota Makassar ini merupakan yang terbaik di Indonesia. “Lebih dari 30 persen atau sekitar 50 hektar dari total luas lahan reklamasi diberikan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Coba carikan saya reklamasi yang seperti ini di Indonesia,” kata Syahrul.

Seperti diketahui, CPI merupakan kota satelit baru yang akan hadir di pesisir pantai Losari yang dibangun di atas lahan reklamasi 157 hektar. Proyek ini dibangun dalam bentuk joint operation Ciputra Yasmin.  Jika dilihat dari udara, lahan reklamasi ini membentuk mirip burung garuda. Pada lahan yang akan dimiliki oleh Pemprov tersebut nantinya akan dibangun obyek penting, seperti: Wisma Negara, Masjid, Museum, Ruang Terbuka Hijau, Menara, Coral Center, dan kawasan bisnis. Berulangkali Syahrul menyampaikan, jika reklamasi CPI ini untuk kepentingan rakyat Sulsel. “Lahan terbuka hijau seluas 50 hektar itu akan dijadikan Karebosi baru,” kata Syahrul.

Selain Rektor Unhas, dalam kesempatan tersebut juga hadir Rektor Universitas Negeri Makassar Prof.Dr.Husain Syam, MTP dan rektor UIN Alauddin Prof.Dr. Musafir Pababbari, M.Si.  Baik Rektor UNM, maupun Rektor UIN juga menyatakan mendukung sepenuhnya pembangunan reklamasi CPI.  “Anda tidak akan menyesal dunia akhirat jika mendukung saya dalam hal ini,” ujar Syahrul.

Selain sejumlah guru besar yang hadir dari ketiga perguruan tinggi, acara ini juga dihadiri  Sekda Provinsi Sulsel dan pimpinan sejumlah SKPD lingkup Provinsi Sulawesi Selatan. 

Read also :