Prof.Dr.Mediaty, S.E., M.Si, Ak.CA

21 Feb 2017 , Humas01 Akademik

Prof.Dr.Mediaty, S.E., M.Si, Ak.CA, bersama Rektor Unhas Prof.Dr.Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A., saat upacara pengukuhan jabatan Guru Besar, selasa (21/2). (Foto:yulia/Humas)

Kinenja Nonkeuangan Pengaruhi Kesejahteraan Rakyat

Peran akuntansi manajemen dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, tidak hanya dipengaruhi oleh kinerja keuangan, dalam hal ini kemampuan keuangan dan dampaknya terhadap kesejahteraan rakyat.

‘’Kinerja nonkeuangan seperti lingkungan strategis, yaitu lingkungan politik, ekonomi, sosial, budaya maupun  perencanaan strategis, juga memengaruhi kesejahteraan rakyat,’’ demikian Prof.Dr.Mediaty, S.E., M.Si, Ak.CA, dalam orasi ilmiah penerimaan jabatan Guru Besar dalam Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin di Ruang Senat Unhas Kampus Tamalanrea, Selasa (21/2).

Upacara penyampaian orasi penerimaan jabatan maha guru tersebut dipimpin Ketua Senat Akademik Prof.Dr.M.Tahir Kasnawi, S.U. dihadiri Rektor Unhas Prof.Dr.Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A., Ketua Dewan Profesor Prof.Dr.Ir. Abrar Saleng, S.H., M.Si, para anggota Senat Akademik dan Dewan Profesor, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas Prof.Dr,Gagaring Pagalung, M.Si.Ak, dan sejumlah undangan. 

Dalam orasinya yang berjudul ‘’Akuntansi Manajemen:Instrumen Strategis dalam Mendorong Kesejahteraan Rakyat,’’ perempuan kelahiran Parepare 25 September 1965 ini mengatakan, terselenggaranya ‘’good governance’’ merupakan prasyarat bagi setiap pemerintahan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan mencapai cita-cita dalam berbangsa dan bernegara.

Mewujudkan kesejahteraan dan cita-cita berbangsa dan bernegara pada umumnya, kata ibu lima anak (suami Dr.dr.H.Hisbullah Sp.An.KIC.KAKV) tersebut, mencakup dua kelompok fungsional. Kesatu, demi penyelenggaraan fungsi umum, yang antara lain meliputi penciptaan dan pemeliharaan rasa aman dan pengaturan ketertiban, pertahanan dan keamanan, penyelenggaraan hubungan diplomatic, dan pemungutan pajak. Kedua, dalam rangka penyelenggaraan fungsi pembangunan, seperti pembangunan bangsa dan ekonomi social yang diarahkan bagi meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran seluruh rakyat.

‘’Berdasarkan kerangka  optimalisasi kinerka sektor publik tentu saja dibutuhkan sistem manajemen yang salah satunya adalah manajemen akuntansi sektor publik,’’ ujar guru besar ke-357 Unhas yang sudah menyampaikan orasi penerimaan jabatan guru besarnya itu.

Fungsi utama manajemen akuntansi sektor publik, menurut lulusan Unhas 1989 itu, memberikan informasi akuntansi yang relevan dan handal kepada pengambil keputusan melaksanakan fungsi perencanaan dan pengendalian organisasi yang meliputi; perencanaan strategik, memberikan informasi biaya, penilaian investasi, penganggaran, penentuan biaya pelayanan dan penilaian kinerja.

‘’Pengukuran kinerja dibutuhkan guna menilai tingkat optimalisasi kinerja sektor publik, yaitu untuk menilai sukses atau tidaknya suatu organisasi, program atau kegiatan,’’ lulusan Magister Akuntansi UGM 1994 menambahkan.

Doktor Ekonomi Unhas (2009) tersebut mengatakan, pengukuran kinerja merupakan elemen pokok manajemen berbasis kinerja. Pemahaman tentang makna kinerja dan pengukuran kinerja merupakan hal yang sangat penting, karena ada pernyataan ‘’if you can define performance, you can’t measure or manage itu’’ (jika Anda dapat menetapkan hasil, Anda tidak dapat mengukur atau  mengaturnya). Pengukuran kinerja organisasi sektor publik bersifat multidimensi.

‘’Tidak ada indikator tunggal yang dapat digunakan untuk menjukkan tingkat keberhasilan kinerja secara komprehensif,’’ ujar Mediaty. (*).

 

Biodata:

Nama lengkap          : Prof.Dr.Mediaty, S.E., M.Si, Ak.CA

Tempat Tgl lahir       : Parepare, 25 September 1965

Pangkat/Golongan  : Pembina/Gol.IV/a

Keluarga                    : Suami: Dr.dr.H,Hisbullah, Sp.An, KIC, KAKV

                                       Anak  :  Winda Khairiyah, Syaiful Islam,

                                   Muh.Ichlasul Raid, Muh.Aqil Al Hawari,

                                   dan Muh. Akmal Al Haq

Pendidikan               : SDN 1 (1978), SMPN 1 (1981), dan SMAN 1 (1984)

  Parepare. S-1 FE Unhas (1989), S-2 FE UGM (1994), S-3 Unhas (2009), Pendidikan Profesi Chartered Account (CA) Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan International Federation Accoount (IFAC) 2013.

Jabatan terakhir          :Ketua Dep.Akuntansi FEB Unhas (2014-) dan Anggota Senat Akademik Unhas (2016-) 

Baca juga :