Prof. Basri Hasanuddin Terharu di Hari Ibu

22 Dec 2016 , Humas01 Akademik

Ada yang lain dalam peringatan Hari Ibu dan Hari Ulang Tahun (HUT) Darma Wanita Persatuan (DWP) Unhas, Kamis (22/12). Usai mengikuti upacara wisuda Program Pascasarjana di Baruga Andi Pangerang Petta Rani, Rektor Unhas Prof.Dr.Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A. mengajak Prof.Dr.Basri Hasanuddin, M.A., mantan Rektor Unhas, Menteri Perekonomian dan Pengentasan Kemiskinan, serta Dubes RI di Iran, kini menjabat Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) menghadiri acara peringatan HUT Darma Wanita Persatuan Unhas di Gedung Ipteks Tamalanrea.

Begitu berdiri di podisum gedung Ipteks, suara pria kelahiran Mandar tahun 1939 itu mulai terserak.

‘’Di antara para ibu ini masih ada wajah-wajah yang saya tidak bisa lupakan dan selalu bersama istri saya,’’ ujar Basri yang  tahun 1997  mengakhiri masa jabatannya sebagai Rektor Unhas dua periode.

Ini pertama kali kehadiran Basri Hasanuddin di tengah para ibu pasca menjabat Rektor Unhas dan sepeninggal istrinya Hj Rasdiana Basri beberapa tahun silam. Almarhumah istrinya adalah sosok yang selalu senang berkumpul bersama dengan para ibu. Pada masa Prof.Basri menjabat Rektor Unhas-lah para ibu anggota Darma Wanita ikut menyemarakkan suasana peninjauan ke lokasi KKN di Sulselbar. Mereka selalu tampil pada acara ramah tamah dengan Pemda yang jadi lokasi KKN Unhas.

Prof.Basri berharap kepada para ibu agar ikut mendukung menciptakan suasana di rumah tangga masing-masing supaya para bapak dapat bekerja dengan baik di Unhas.

‘’Banyak suami yang ditimpa masalah, karena lepas dari kendali para istrinya,’’ ujar ayah tiga anak tersebut.

Rektor Unhas Prof.Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A. sangat setuju dengan tema HUT Darma Wanita Persatuan Unhas dan Hari Ibu 2016 yang bertajuk ‘’Penguatan Kualitas Istri PNS Menuju Ketahanan Keluarga’’.   

‘’Peringatan Hari Ibu sejatinya tidak dilakukan hanya sekali setahun, tetapi harus dilaksanakan setiap hari. Para ibu di rumah tangga, setiap hari, mulai pagi subuh sudah mulai sibuk dengan urusan mempersiapkan kebutuhan keluarganya, ‘’ kata Dwia Aries Tina :Pulubuhu sembari mengutip hadis Nabi Muhammas saw yang mengatakan hormatilah ibu (3 kali) ketika ditanya para sahabat tentang siapa yang pertama dihormati.

Kegiatan HUT DWP Unhas dan Hari Ibu diisi dengan berbagai materi acara yang dibawakan oleh para ibu anggotanya. (*). 

Baca juga :