Mantan Ketua KPI Raih Profesor

22 Dec 2016 , oleh Humas01

Universitas Hasanuddin kini memperoleh enam guru besar (profesor) baru dan 35 dosen yang berkualifikasi doktor. Para professor itu menerima surat keputusan pengkatannya pada acara pelantikan pejabat di lingkungan Unhas, Kamis (22/12) yang dirangkaikan dengan penerimaan kembali 35 dosen yang menyelesaikan pendidikannya di dalam dan luar negeri.

Salah seorang yang memperoleh jabatan guru besar itu adalah Prof.Dr.Judhariksawan, S.H., M.H. yang juga mantan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Judhariksawan, putra mendiang Prof. Dr.Amir Syariefuddin, S.H. ini menghabiskan waktu sejak 2010 di Jakarta sebagai anggota dan ketua KPI.

Selain Judhariksawan, juga mantan Wakil Rektor II Unhas, Dr.dr.Andi Wardihan Sinrang, M.S., juga memperoleh jabatan guru besar dalam Bidang Ilmu Faal Fakultas Kedokteran. Guru besar lainnya, Prof.Dr.Ir. Nur Amin, Dipl.Ing.Agru. (bidang Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian). Prof.Dr.Abdul Rakhman, MBA (dalam Bidang Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis) justru sudah menyampaikan orasi penerimaan jabatan guru besar sebelum menerima surat keputusan. Guru besar baru lainnya, Pro.Dr.Ir. Ade Rosmana (Bidang Ilmu Soil Norne Pathogen Fakultas Pertanian), Prof.Dr.Mediaty, S.E., M.Si.Ak (Bidang Ilmu Akuntansi Manajemen).

Unhas juga menerima kembali 35 orang dosen yang menyelesaikan pendidikan doktor di luar negeri, yakni di Jepang 7 orang, Australia 3, Norwegia, Belanda, UNM, ITS, Universitas Udayana, Universitas Brawijaya (UB), IPB, Universitas Airlangga (Unair), UNJ, UPI, dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) masing-masing 1 orang, Unhas 10, dan Universitas Indonesia 3 orang.

Di antara yang menyelesaikan pendidikan doktornya itu adalah Dr.Drs.Dasaad Latief, M.Si, dosen Fisip Unhas yang juga dikenal sebagai salah seorang dai kondang Sulawesi Selatan.

Para pejabat yang dilantik, Dr.Risfah Yulianty, S.Si, M.Si.Ap. sebagai Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sumberdaya Fakultas Farmasi. Prof.Dr.Andi Iqbal ST, M.Fish., Sc. sebagai Sekretaris Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan,dan Dr.dr.Jumraini, S.Sked,m Sp.S. sebagai Sekretaris Gugus Penjaminan Mutu FK dan sejumlah pejabat lainnya.

Rektor Unhas Prof.Dr.Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A. mengatakan, mereka yang dilantik sebagai pejabat ini telah melalui seleksi yang ketat dan berdasarkan rekam jejaknya selama melaksanakan tugasnya.

‘’Silakan bangun harmonisasi dengan pejabat di tempat tugasnya masing-masing. Jangan sampai ada keluhan tentang ketidakcocokan seorang pejabat,’’ ujar Dwia.

Khusus kepada guru besar baru, Dwia juga mengharapkan segera menyampaikan orasi penerimaan jabatan guru besar. Unhas merupakan perguruan tinggi nomor dua di Indonesia yang ‘produktif’ menghasilkan guru besar. (*).      

Read also :