Mahasiswa KKN Unhas Poso Ajak Beramal

29 Jul 2016 , humas01 Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa KKN Unhas di Poso berdiri di patok KM jarak Makassar-Poso (Foto Kiriman)

 

Di sebuah dusun yang jauh dari pusat kota dengan akses jalan yang berliku berdiri sebuah musallah sederhana. Musallah ini dibangun dengan iman dan ketaqwaan, oleh hamba-hamba Allah yang tidak kaya hartanya tapi kaya hatinya akan cinta kepada Sang Pencipta. Ketika masjid-masjid megah di kota sepi jamaah, musallah alakadarnya ini selalu dipenuhi oleh manusia-manusia yang takut ketinggalan salat berjamaah, entah pria, wanita,  anak-anak, dan orang dewasa.

 

Di musallah ini, ada sekelompok anak yang selalu rindu belajar membaca Alquran. Dengan berjalan kaki atau mengayuh sepeda, mereka berlomba sampai ke musalah untuk belajar.

‘’Saya tersentuh ketika pertama kali datang ke dusun ini,’’ kata Jabal Noor, mahasiswa KKN Unhas NKRI Poso dalam ciutannya melalui whatsapp.

Kata dia, dan seorang iIbu menyambutnya dengan asa, "tolong ajar anak saya mengaji".

Sebuah permintaan langka yang hampir jarang terdengar. Mereka adalah para orang tua yang takut anaknya buta akan kalam Ilahi. Namun sayang, kondisi bangunan yang kurang sempurna membuat musallah ini sering kemasukan air ketika hujan. Keterbatasan biaya dan sarana juga membuat tempat ibadah yang sederhana  ini tidak punya tempat untuk berwudhu.

Dan lagi, ada banyak anak yang ingin belajar membaca Alquran tapi tidak punya Iqra dan Alquran. Mereka ingin belajar menghafal surah dan doa tapi tidak punya buku materi hafalan. Mereka ingin salat tapi tidak punya mukenah dan setelan baju koko.

Untuk itu, bagi Anda yang membaca tulisan ini, sekiranya ada yang memiliki kelebihan rezeki dan memiliki niat mulia untuk membantu kelancaran ibadah di Musallah Nurul Iman Dusun Bawulu Desa Pasir Putih Kecamatan  Pamona Selatan Kab. Poso dapat mendonasikannya melalui :Rekening BRI, 3419-01-033055-53-5 An Jabal Noor

Atau dapat pula mengirimkan berbagai bentuk perlengkapan ibadah seperti : mukenah, baju koko, peci, Alquran, Iqra, buku hafalan, juz amma, sajadah, dll ke alamat :
Jln.Trans sulawesi RT 003 dusun 2 Sawajane no. 009. Desa Pasir Putih. Kecamatan Pamona Selatan. Kabupaten Poso. Kode pos 94664 Keluarga Ondja Kayupa (Posko KKN UNHAS Desa Pasir Putih) (cp : 082396649541 a.n. Jabal Noor) (VIA POS INDONESIA)

Salam: Mahasiswa KKN UNHAS Desa Pasir Putih Kec. Pamona Selatan Kab. Poso, Sulawesi Tengah.

 

 

Baca juga :