Mahasiswa KKN Unhas ke Miangas Lagi

12 Jul 2016 , oleh humas01

Syahrir (tengah) warga Gowa Sulawesi Selatan yang bermukim di Pulau Miangas. (Foto:Ist).

Sebanyak 66 orang mahasiswa Universitas Hasanuddin, Senin (11/7) menuju Pulau Miangas guna melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di pulau paling depan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tersebut. Mereka menumpang KM Dorolonda yang akan mengikuti trayek Makassar, Baubau, Namlea, Ambon, Ternate, dan Bitung.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Unhas Gelombang ke-93 Pulau Miangas, Riza Darma Putra, S.Sos, M.Si menjelaskan, para mahasiswa itu diharapkan tiba di Pelabuhan Bitung pada tanggal 15 Juli 2016 dan pada malam harinya akan memulai perjalanan dua hari dua malam menuju Pulau Miangas menumpang KM Meliku Nusa (DWT 500).

Menurut Riza, KM Meliku Nusa akan menyinggahi sejumlah pelabuhan sebelum tiba di Miangas 17 Juli 2016 pagi. Pelabuhan-pelabuhan itu, Makalehi, Siau, Tahuna, Kawio, Kawaluso, Marore, dan terakhir Miangas.

Pemberangkatan mahasiswa KKN Unhas ini dilaksanakan atas kerja sama dengan Kodam VII Wirabuana. Ini keempat kali Mahasiswa Unhas menginjakkan kaki kaki yang berjarak hanya 4 jam berlayar menggunakan sampan bermotor dari Filipina itu atas kerja sama dengan Kodam.

KKN di Miangas ini digagas tahun 2013 ketika Pangdam VII Wirabuana dijabat Mayjen TNI Muhammad  Nizam, kemudian dilanjutkan penggantinya Mayjen TNI Bachtiar (Dr., SIP, MAP), dan kini diteruskan Mayjen TNI Agus Surya Bakti.

Pada angkatan I tahun 2013, Unhas mengirim mahasiswa ber-KKN di sana, 74 orang dengan pembimbing, M.Rusli Rukka dan M.Dahlan Abubakar serta Riza Darma Putra. Pada angkatan II (2014) sebanyak 76 orang, termasuk beberapa mahasiswa, UNM, UIN Alauddin dan UMI. Pada angkatan III (2015) Unhas mengirim mahasiswa 98 orang dan terakhir ini 66 orang.(*).  

 

 

Read also :