Lagi, Tiga Prodi di Unhas Siap Akreditasi Internasional

11 Apr 2017 , admin00 Akademik

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA memberikan pengarahan dalam Kick-Off AUN-QA Batch III Untuk Prodi Kehutanan, Ilmu Hukum, dan Kimia (Foto: istimewa)

Selasa (11/04/2017) bertempat di Lounge Rektor Lt. 8 Gedung Rektorat, berlangsung peresmian dimulainya tahap menuju akreditasi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) bagi 3 (tiga) Program Studi, yaitu Prodi Kehutanan, Prodi Ilmu Hukum, dan Prodi Kimia.  Acara yang dimulai pukul 14.00 ini dipandu oleh Sekretaris Universitas, Dr. Ir. Nasaruddin Salam, MT.
Hadir dalam kegiatan ini adalah Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Junaidi Muhidong, selaku Koordinator Task Force AUN-QA Tingkat Universitas, para anggota Task Force Universitas, pimpinan fakultas dan prodi serta task force masing-masing prodi yang mempersiapkan akreditasi.
Akreditasi internasional merupakan salah satu mandat Universitas Hasanuddin sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).  Hal ini juga sejalan dengan Rencana Strategis (Renstra) Unhas, dimana dalam dokumen Renstra Unhas 2016-2020 (Revisi) disebutkan bahwa salah satu tujuan strategis Unhas adalah “meningkatkan reputasi internasional”.
Demikian dipaparkan oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, dalam sambutan dan pengarahan saat kick-off.  “Kita telah berhasil meloloskan 3 prodi memenuhi standar AUN-QA, dan 1 prodi terakreditasi ABEST21.  Saat ini rekan-rekan Task Force sedang mempersiapkan penyusunan borang akreditasi AUN QA untuk Prodi Ilmu Hubungan Internasional, Teknik  Geologi, dan Ilmu Kelautan.  Jadi, kita sedang bekerja untuk 3 prodi, hari ini kita kick-off lagi untuk 3 prodi .  Benar-benar semangat luar biasa dari teman-teman, khsususnya Task Force,” papar Prof. Dwia.
Dalam pengantarnya mengenai mekanisme AUN-QA, Dr. Budi Prastawa (yang juga merupakan asesor AUN-QA) menjelaskan bahwa: “tidak mudah bagi suatu prodi untuk dapat diakreditasi oleh AUN.  Pertama-tama, institusinya harus di-recognize dulu.  Setelah itu, kita akan mengusulkan prodi-prodi yang akan diakreditasi.  AUN akan menilai kelayakan dan alasan mengapa prodi-prodi itu diusulkan.”
Selain akreditasi internasional, upaya meningkatkan reputasi internasional Unhas juga dilakukan dengan penerbitan artikel pada jurnal bereputasi internasional, menerima visiting professor, visiting researcher, dan visiting student dari luar negeri  Juga Unhas mengirimkan dosen-dosennya untuk menjadi visiting profesor ke universitas mitra di luar negeri.  Unhas juga membuka beberapa kelas internasional yang proses pembelajarannya dilakukan dengan bahasa Inggris.
Program Studi di Universitas Hasanuddin yang terakreditasi internasional:
Memenuhi standar AUN-QA:
(1) Program Studi Teknik Sipil
(2) Program Studi Pendidikan Dokter
(3) Program Studi Kesehatan Masyarakat
Akreditasi ABEST21:
(1) Magister Manajemen Program Studi Ilmu Ekonomi
Dalam proses penyusunan Self Assesment Report (SAR) untuk AUN-QA (jadwal visitasi oleh asesor AUN-QA pada Agustus 2017):
(1) Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
(2) Program Studi Ilmu Kelautan
(3) Program Studi Teknik Geologi
Kick-off AUN-QA (direncanakan visitasi pada akhir Februari 2018):
(1) Program Studi Ilmu Hukum
(2) Program Studi Kehutanan
(3) Program Studi Kimia

Baca juga :