Kapolda Sulsel Beri Kuliah Umum di Unhas

8 Mar 2017 , Humas02 Seremonial

Rektor Unhas Prof.Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menerima cinderamata dari Kapolda Sulsel Irjen (Pol). Muktiono, SH., MH. seusai memberikan kuliah umum di Unhas (foto: Humas)

Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Irjen (Pol) Drs. Muktiono, SH, MH memberikan kuliah umum di depan sekitar 500-an pengurus lembaga mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa di Gedung Ipteks, Rabu (8/3).  Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sulsel memaparkan tantangan politik global dan nasional. Ia juga memaparkan isu-isu global dan nasional yang lagi hangat yang dapat mempengaruhi stabilitas kemanan di dalam negeri.

Kapolda Sulsel ini mencontohkan beberapa isu global yang lagi hangat saat ini, seperti kasus terorisme, narkoba, kejahatan lintas negara, cyber crime, dan HAM. “isu-isu kemanan internasional ini juga sering juga muncul sebagai isu keamanan di tanah air,” kata Muktiono.

Di dalam negeri sendiri, lanjut Kapolda Sulsel, isu-isu keamanan yang sering muncul  seperti kejahatan jalanan (begal), korupsi, narkoba, dan sikap intoleransi.  Solusi untuk mengatasi masalah-masalah kerawanan tersebut, lanjut Muktiono, perlunya dilakukan pembinaan kamtibmas terus menerus, menjaga persatuan, dan menjalin kemitraan segenap pihak yang terkait dengan penyelesaian masalah tersebut.  

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unhas Prof.Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menyampaikan beberapa permasalahan terkait dengan beberapa perilaku kejahatan yang biasa menimpa sivitas akademika di Unhas. Dwia mencontohkan kasus sms penipuan yang mengatasnamakan sivitas akademika Unhas. “Sms-sms seperti ini hoax, tetapi bisa saja ada masyarakat yang tertipu. Nah bagaimana cara mengatasinya. Apakah hal-hal seperti ini bisa diadukan jika bukti-buktinya hanya dari sms,” tanya Dwia. (**)

Baca juga :