Ir.Andi Darwin: Mantan Laboran yang Jadi Kepala Biro

1 Jun 2016 , oleh humas01

Ir.Andi Darwin (kiri) dan istri (ke-2 dari kiri) usai pelantikan. (Foto:mda)

Tidak kenal, maka tidak sayang. Begitu kata pepatah. Maka, begitulah dengan pejabat Kepala Biro Administrasi Umum Unhas yang baru ini perlu diketahui rekam jejaknya. Setelah Nur Alim Tahir, S.E., M.Si, memasuki masa pensiun, Ir.Andi Darwin melanjutkan estafet kepemimpinan pejabat lama di posisi tersebut.

Pria kelahiran Tana Doang, Selayar 5 Januari 1961 ini pertama tercatat sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Unhas terhitung 3 Maret 1987. Setahun kemudian lulusan Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia (UMI) 1995 ini resmi menjadi PNS terhitung 1 Juli 1998 dengan pangkat II/a, karena dia melamar dengan ijazah STM (Pembangunan) yang diperolehnya tahun 1983.

Andi Darwin sebenarnya menyasar menjadi seorang insinyur sipil dengan ‘’basic’’ Bangunan Air di STM Pembangunan. Namun empat tahun setelah menyelesaikan pendidikan di sekolah yang diresmikan Presiden Soeharto tahun 1977 itu, sulung dari tiga bersaudara ini memutuskan melamar menjadi PNS di Unhas ketika almamater ini dipimpin oleh Prof.Dr.Ir.Fachrudin almarhum.

Untuk sampai ke posisinya sekarang, ayah tujuh anak (istri, Andi Darmawati, kelahiran Selayar 17 Juli 1975 yang dinikahi 17 Juli 1994), menapaki jabatan yang bagaikan orang naik tangga. Sebagai seorang yang berlatar belakang pendidikan teknik, begitu diterima sebagai  (C) PNS di Unhas, calon magister manajemen UMI Makassar ini memang sempat mempraktikkan ilmunya sebagai seorang alumni STM pada posisi teknisi. Namun tiga tahun kemudian, dia diangkat sebagai laboran yang dijabatnya selama lima tahun (2005).

Setelah meninggalkan jabatan sebagai laboran, pria dengan tinggi-berat 170 cm-82kg ini mulai dilirik pimpinan (Wakil Rektor II Prof.Dr.Ir.A.Syamsul Arifin P, M.Eng kala itu) menempati posisi manajemen. Jabatan yang dipangkunya adalah Pengelola Keuangan P2KKN Unhas hingga 2006. Posisi berikutnya yang menunggu buah hati pasangan Pattau Gau (alm.) dan Daeng Kuraja ini adalah Kasubag Umum dan Perlengkapan Fakultas Kedokteran Gigi hingga 2010.

Selama empat tahun (2010-2014), penerima penghargaan Satya Lencana Karya Satya 20 tahun (2008) ini dimutasi ke sebagai Kabag Tata Usaha Fakultas Kedokteran dengan lama tugas 4 tahun. Terhitung 2014, lulusan SD No.3 Selayar 1975 ini ditarik ke gedung Rektorat Unhas. Sejak itu, lulusan SMP Negeri Selayar tahun 1979 tersebut dipercayakan sebagai Kabag Anggaran Rutin dan Pembangunan Biro Keuangan Unhas. Dengan pangkat Pembina Tk.I/Golongan IV/b, kini Ir.Andi Darwin dipercaya sebagai Kepala Biro Administrasi Umum Unhas selama empat tahun ke depan.

Sebagai seorang tenaga pendidikan, Andi Darwin sudah menjalani sejumlah pendidikan dan pelatihan fungsional. Misalnya Pendidikan dan Latihan Pimpinan (Diklatpim) IV di Jakarta selama satu setengah bulan di Jakarta (2007), Diklat Editor Buku di Bogor (2007), Magang Bidang Manajemen Aset PTN BH tiga minggu di UGM (2008), dan Diklatpim III di Jakarta satu bulan tujuh belas hari pada tahun 2009.

Sosoknya yang tenang agaknya ‘’connect’’  dengan catur, olahraga kesenangannya yang tentu saja memerlukan ketenangan saat bermain.(mda)  

  

 

Read also :