‘’Ide Gila’’ Kompetisi Energi Pertamina di Unhas

8 Feb 2017 , Humas01 Akademik

PT Pertamina (Persero) menggelar satu kegiatan yang mendukung upaya pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan. Kegiatan itu tidak sendiri dilaksanakan, tetapi menggalang partisipasi masyarakat guna terciptanya diversifikasi energi. Yang digaet adalah masyarakat kampus.

Bentuk kegiatan berupa ‘’Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017’’ yang dihelat di Auditorium Prof.Amiruddin Kampus Tamalanrea, 7 Februari 2017. Kompetisi ini berkaitan dengan ide bisnis inovatif, terobosan produk, dan teknologi seputar energi baru dan terbarukan yang memberi dampak positif terhadap sosial dan ekonomi bangsa. Sebenarnya, kompetisi ini sudah berjalan sejak 15 Desember 2016 dan berakhir 5 Maret 2017.

Sebelum dilaksanakan di Unhas, kegiatan serupa dilaksanakan di Aula Barat ITB Bandung 24 Januari 2017. Tujuan kegiatan ini diharapkan mampu menggalang partisipasi dan antusiasme masyarakat untuk bersama Pertamina menciptakan berbagai inovasi dan teknologi berbasis energy baru dan terbarukan.

‘’Tidak ada yang tidak mungkin untuk pengembangan energi baru dan terbarukan yang aman dan bersih di Indonesia. Sebab, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan potensi sumber daya alam yang berlimpah,’’ kata Hermansyah Y.Nasroen, Media Contact Area Manager Communication & Relations Pertamina Sulawesi kepada media usai kegiatan di Unhas.

Ia memberikan contoh, biofuel, tenaga angin, air, dan sinar matahari yang dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif dan keberadaannya sangat mudah ditemui di berbagai pelosok negeri ini. 

‘’Partisipasi masyarakat adalah salah satu kunci mengubah berbagai potensi yang akan menjadi kekuatan kita di masa depan,’’ imbuhnya.

Wakil Ketua Panitia Kompetisi ini Harsono Budi Santoso mengatakan, ‘’roadshow’’ ini membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para calon peserta menggali informasi dan mencari inspirasi dalam mengikuti kompetisi.

’Innovation corner pada roadshow ini merupakan salah sayu bentuk apresiasi Pertamina terhadap inovator muda atas hasil kerja energy baru dan terbarukan mereka di Indonesia,’’ ujar Harsono Budi Santoso.

Perwakilan dewan juri kompetisi, Yoris Sebastian, memberikan banyak masukan tentang bagaimana mengekspresikan ide kreatif yang berujung pada inovasi.

‘’Kompetisi akan menjadi stimulus bagi generasi milenial dalam mengekspresikan ide-ide kreatif dan inovatif mereka seputar energi baru dan terbarukan,’’ ujar Yoris Sebastian dan menambahkan, ‘’roadshow’’ ini juga akan meningkatkan ‘’awareness’’ (kesadaran) mereka akan pentingnya energi alternatif.

Pria yang dikenal sebagai ‘’creative expert’’ ini mengatakan, pentingnya kehadiran kompetisi seperti ini, karena masalah krisis energi di Negara ini merupakan masalah besar bangsa dan negara di masa depan. Untuk mengatasinya, perlu partisipasi segenap lapisan masyarakat merumuskan ide-ide kreatif yang diharapkan bisa menjadi solusi mengatasi permasalahan ini.

Usai di Unhas, ‘’roadshow’’ serupa dilaksanakan di Surabaya 14 Februari 2017 dan terakhir di Kampus UI Depok 21 Februari 2017. (*).

Baca juga :