Duta Besar Inggris Beri Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin

16 Jun 2017 , admin00 Akademik

Duta Besar Inggris untuk Republik Indonesia, H.E. Moazzam Malik, didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Junaedi Muhidong, dan Direktur Kerja Sama Internasional, Dr. M. Iqbal Djawad.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, H.E. Mr.Moazzam Malik, melakukan kunjungan di kampus Universitas Hasanuddin,  membawakan kuliah umum  (Jumat, I6 Juni 20I7 ).

Kuliah yang bertempat di Ruang Senat lantai 2 Rektorat Unhas initerkait UK-Indonesia Relationship Education in United Kingdom. Duta Besar Moazzam berbicara di hadapan ratusan mahasiswa dan sejumlah Dosen Unhas yang hadir mulai pada pukul 10.30 hingga sesaat sebelum sholat Jum’at dimulai. Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Prof. Dr. Junaedi Muhidong dimoderatori oleh Direktur bidang kerjasama Internasional, Ir. Muh Iqbal Djawad. M.Sc, Ph.D

Sebelum memulai kuliah umumnya, Moazzam terlebih dahulu bertanya kepada peserta, apakah dirinya berbahasa Inggris atau berbahasa Indonesia. Dan Moazzam langsung tersenyum senang karena mahasiswa yang dengan lantang memintanya berbahasa Inggris saja selama berbicara.

"Saya senang diminta berbahasa Inggris. Sudah banyak kampus tapi baru Unhas yang milih saya berbahasa Inggris," ujar Moazzam dalam bahasa Inggris.

Selain bercerita tentang hubungan Inggris dan Indonesia, dan bagaimana Indonesia dipandang sebagai negara yang memiliki kekuatan besar, Moazzam juga tak lupa mengingatkan kepada mahasiswa betapa pentingnya kemampuan berbahasa Inggris. Bahkan ia mengajak mahasiswa Indonesia khususnya dari Universitas Hasanuddin untuk berbondong-bendong sekolah ke negaranya.

"Ayo kuliah di negara saya saja. Disana ada beasiswa. Terlebih pemerintah Indonesia yang telah menggelontorkan dana banyak untuk beasiswa LPDP. Jadi apalagi, kalian tinggal menentukan pilih yang mana," ujar Moazzam dalam bahasa Inggris.

Sementara salah satu dosen dalam kesempatannya, meminta kepada Moazzam agar ada kerjasama di bidang pendidikan khususnya Unhas. Seperti menghadirkan sejumlah guru besar hebat asal Inggris untuk mengajar di Unhas. Dan permintaan tersebut pun ditanggapi serius bahkan siap membantu Unhas.

"Kita akan bantu. Ajukan saja proposalnya seperti apa lalu kami tindaklanjuti," jawab Moazzam.(*)

Baca juga :