CSR yang wajib ditauladani oleh seluruh perusahaan dalam menunjang sektor pendidikan.

31 Mar 2017 , Humas01 Akademik

Delegasi Universitas Hasanuddin dari kiri: Purnama Isti Khaerani, Rhiza Achmad Ontong Surapati, Prof. Sudirman Baco dan Edi Tompo di BITEC (Foto: Rhiza)

 

Makassar – Tiga mahasiswa terpilih Universitas Hasanuddin berhasil berangkat ke Bangkok pada tanggal 13-19 Maret 2017 dalam rangka Program CPBSA (Charoen Pokphand Best Student Appreciation). Program yang merupakan salah satu CSR PT. Charoen Pokphand Indonesia dalam sektor pendidikan tersebut merupakan sebuah program yang mengapresiasi mahasiswa tingkat akhir terbaik dari seluruh Fakultas Peternakan di Indonesia..

 “Program CPBSA merupakan program untuk meningkatkan kualitas civitas akademik agar terwujudnya lulusan terbaik dari Universitas Hasanuddin maupun instansi lainnya. Diharapkan pengalaman ini menjadikan mereka sebagai mahasiswa yang berwawasan luas, berkualitas dan siap dalam menghadapi perkembangan zaman.” Ujar Baso Alim Bahri.

Dalam prosesinya, PT. Charoen Pokphand Indonesia membuka kesempatan kepada mahasiswa Fakultas Peternakan di seluruh pelosok negeri untuk mendaftar pada Program CPBSA. Adapun criteria yang menjadi acuan selector adalah mahasiswa dengan nilai yang tinggi dalam hal IPK serta aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan maupun sosial.

Tiga delegasi mahasiswa dari Universitas Hasanuddin yang berhasil tergabung dalam rombongan CPBSA adalah Rhiza Achmad Ontong Surapati, Purnama Isti Khaerani dan Edhi Tompo. Dosen berpretasi yang turut berkesempatan untuk berangkat pada rombongan tim yakni Dekan Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. Sudirman Baco, M.Sc. Terkhusus delegasi tim dari Universitas Hasanuddin didampingi langsung oleh Baso Alim Bahri yang merupakan GM Human Resource Developtment yang merangkap sebagai GA Charoen Pokphand Eastern Indonesia (CPEI). Rombongan lain yang ikut pada program ini adalah masing-masing 3 mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Padjajaran serta Universitas Jenderal Soedirman.

Para peserta terpilih berkesempatan untuk melihat pameran Internasional VIVAsia dengan tema “From Feed to Food” yang diisi dengan exhibitor sebanyak 999 perusahaan seluruh penjuru dunia, mengikuti international conference yang diadakan di BITEC, kunjungan industri pada Headquarter Charoen Pokphand Food (CPF), Charoen Pokphand Feedmill, Charoen Pokphand Slaughterhouse, Charoen Pokphand Further Processing Plant serta Fresh Market milik Charoen Pokphand di Nakhon Ratchasima, Bangkok.

“Program ini akan kami jalankan setiap tahunnya dimana akan kami pilih beberapa best student dari Fakultas Peternakan seluruh Indonesia untuk diberangkatkan pada pameran internasional peternakan di Bangkok.” Tegas Pak Baso Alim Bahri

“Sebelumnya Charoen Pokphand tengah banyak membantu Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin dalam pengembangan kualitas civitas akademika dengan pemberian beasiswa untuk 10 mahasiswa tingkat akhir yang dalam tahap penyelesaian skripsi pada tahun kemarin dan 20 mahasiswa yang sedang dalam tahap studi pada tahun ini. Program beasiswa tersebut telah menjadi kerjasama resmi berupa MoU Charoen Pokphand dengan Fakultas Peternakan. Kedepannya, pihak Charoen Pokphand dan Fakultas Peternakan telah bersepakat dan menjalin kerjasama berupa pembangunan kandang closed house yang dapat menjadi fasilitas bersama utamanya dalam sarana belajar mahasiswa. Dan kali ini, syukur kegiatan yang memberangkatkan mahasiswa terbaik ke Bangkok menjadikan mahasiswa semakin confidence dan terbuka wawasannya” tegas Sudirman Baco

“Kedepannya jika seluruh perusahaan mengikuti jejak PT. Charoen Pokphand dalam menunjang sektor pendidikan, saya rasa hal demikian dapat meringankan beban pemerintah saat ini.” Lanjut Sudirman Baco sambil disertai dengan nada bercanda.

“Kami sangat bersyukur menjadi salah satu peserta yang berhasil mendapatkan pengalaman berharga pada kegiatan ini. Program ini tidak hanya memberikan kami pengetahuan dan wawasan melainkan memberikan kesempatan pada kami untuk membangun link/connection kepada sesama peserta, universitas, serta PT. Charoen Pokphand Indonesia. Kelak kedepannya kami berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang tahunan dari PT. Charoen Pokphand Indonesia dan menjadi tauladan perusahaan perusahaan lain dalam menunjang dan mengembangkan sektor pendidikan.” Ujar Rhiza Achmad

Kegiatan ditutup dengan apik oleh PT. Charoen Pokphand Indonesia dengan memberikan kesempatan kepada seluruh peserta terpilih untuk melakukan City tout Bangkok serta dinner diatas kapal Pesiar yang menyitari sungai Chao Praya.(* Rhiza Achmad.O.S)

Delegasi Universitas Hasanuddin beserta Rombongan Charoen Pokphand Indonesia  di CPF Feedmill Nakhon Ratchasima (*Rhiza)

Baca juga :