Adat ''Pekasiwia'' Sambut Pangdam VII dan Rektor Unhas di Poso

19 Aug 2016 , humas01 Pengabdian Masyarakat

Pangdam VII Wurabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti dan Rektor Unhas Prof.Dr.Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A. menyapa murid SD yag menyambutnya di Desa Peura Kec.P_amona Puselemba Kab.Poso, Kamis (18/8). (Foto:mda).

Rektor Unhas Prof.Dr. Dwia Aris Tina Pulubuhu, M.A. dan Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti didampingi Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilupu dan rombongan disambut adat masyarakat Poso ‘’Pekasiwia’’ ketika berkunjung ke desa Peura Kecamatan Pamona Puselemba Kabupaten Poso, Kamis (18/8).

Upacara ini  ”Pekasiwia’’, sebagai bentuk penghormatan kepada tamu-tamu yang datang ke daerah Poso, yang didasarkan pada filosofi bahwa tamu adalah sanak keluarga penting yang perlu dihormati dan dihargai.

Rombongan Rektor Unhas dan Pangdam VII Wirabuana yang berkunjung ke Poso guna melihat kegiatan KKN Tematik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Unhas-Kodam VII tiba di Desa Peura Kecamatan Pamona Puselemba diambut ratusan murid sekolah dasar dan anggota masyarakat setempat.

Prof.Dwia Aries Tina Pulubuhu, Jenderal Agus Surya Bati, Asisten I Pemprov Sulteng, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu, Asep Supanda (Kasubdit Bakat  Minat dan Organisasi Kemahasiswaan Ditjen Belmawa Kemenristekdikti)  dan Kepala UPT KKN Unhas Hasrullah menerima penyambutan adat ini. Para tamu menerima pemasangan selempang, diikuti kain yang melingkari kepala, masing-masing seekor ayam putih berkaki kuning, tujuh butir telur, beras, dan mencicipi saguer manis.

Di Balai Pertemuan Desa Peura, rombongan Unhas dan Pangdam mengadakan ramah tamah dengan masyarakat setempat.  Di lapangan desa Peura, Rektor Unhas, Pangdam, Bupati Poso, dan  Asep Supanda menanam pohon ebony. Dalam perjalanan menggunakan motor air ke Desa Pendolo Kecamatan Pamona Selatan yang ditempuh 90 menit, Pangdam VII Wirabuana dan Rektor Unhas menebar bibit ikan ke Danau Poso, danau vulkanik sedalam 500 m terbesar kedua di Indonesia, setelah Danau Toba.

Di Desa Pendolo, rombongan meninjau kegiatan sunatan masal dan pelatihan dokter kecil yang dilaksanakan mahasiswa KKN bekerja sama dengan Kodam VII di Kompleks SMA Negeri 2 Pamona. Pada malam hari dilaksanakan acara gembira dan ramah tamah dengan masyarakat Pamona Selatan  di lapangan bola  Desa Pendolo.

Pangdam VII Wirabuana yang didampingi para asistennya dan Rektor Unhas didampingi Kepala UPT KKN Unhas Hasrullah di Bandara Kasiguncu Poso disambut Danrem 132 Tadulako Kol. Inf.Saleh Mustafa dan Dandim 1307 Poso Letkol Inf. Ryan Hanandi, S.Sos. Di Kantor Bupati  Poso,  Rektor Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu meneken nota kesepahaman dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dengan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu disaksikan Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti dan Asisten I Pemprov Sulteng. (*).

 

 

 

 

 

Baca juga :