2017, Unhas Mulai PTNBH Menyeluruh

3 Jan 2017 , oleh Humas02

Bagi Unhas, tahun 2017 adalah tahun penuh harapan sekaligus tahun penuh tantangan. Pasalnya, terhitung 1 Januari 2017, Universitas Hasanuddin akan mejalankan secara penuh statusnya sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).  Sebetulnya, sejak tahun 2016, Unhas telah menguji coba sistem PTNBH yang telah diamanahkan pemerintah bersama dengan 11 perguruan tinggi lainnya di Indonesia. “Model PTNBH ini sebetulnya pelan-pelan kita implementasikan sejak 2016. Perangkat-perangkat yang dibutuhkan juga satu per satu dilengkapi,” kata Rektor Unhas Prof.Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., Senin (2/1).

Dwia mengakui kalau selama uji coba PTNBH tersebut menemui banyak kendala di sana-sini. “Namanya sistem baru yang akan diimplentasikan pastilah ada kendala. Tapi itu kita jadikan tantangan untuk maju dan terus berkembang,” ujarnya.

Kaitan dengan implementasi riil PTNBH ini, Rektor Unhas mengajak seluruh civitas akademika, para alumni, dan mitra kerja Unhas untuk terus bersinergi untuk terus membangun bangsa dan masyarakat. “Sumbangsih ini hanya dapat dilakukan melalui penguatan, pengembangan inovasi dan kreatifitas dengan karya nyata," jelas Dwia.

Sebagai konsekuensi sebagai PTBH, Unhas dapat mengelola penyelenggaraan lembaga, termasuk anggaran menjadi lebih otonom. Status ini juga membuat Unhas mendapatkan keleluasaan membuat kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan tanpa menunggu keputusan administratif dari pusat. Unhas pun memiliki kewenangan untuk mengelola segala aset secara mandiri untuk meningkatkan kinerja dan menopang segala aktivitas universitas.  Meski diberikan kewenangan yang besar dengan sistem PTNBH, Rektor Unhas ini menjamin tak akan ada komersialisasi pendidikan di Unhas.

"Selamat Memasuki Tahun 2017 kepada seluruh civitas akademika, para alumni, dan mitra kerja Unhas," tutup Rektor Unhas. (**) 

Read also :