2016, Unhas terima 510 Mahasiswa Bidik Misi

9 May 2016 , Ahmad Bahar Informasi Mahasiswa

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr.Ir. Abd. Rasyid J, M.Si

            Universitas Hasanuddin kembali akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang kurang mampu melalui beasiswa Bidik Misi.  “Jumlah yang diterima tahun ini sebanyak 510 orang,” kata Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Abd. Rasyid J., M.Si, Senin (9/5).

            Jumlah tersebut, menurut WR III, sebenarnya mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya.  Rasyid merinci, tahun 2015, jumlah pendaftar yang berminat mendapatkan beasiswa bidik misi sekitar 1.200 mahasiswa, namun yang diterima 780 mahasiswa. Tahun 2014, pelamar beasiswa bidik misi ada 2000-an mahasiswa, namun yang lolos 964 mahasiswa. “Jadi jumlah penerima beasiswa bidik misi ini trendnya mengalami penurunan,” jelas Rasyid yang melansir penyebab menurunnya jumlah penerima beasiswa bidik misi tersebut semata-mata karena alokasi anggaran dari pemerintah juga menurun.

            Kriteria utama yang yang menjadi dasar pertimbangan mahasiswa penerima beasiswa bidik misi ini, lanjut WR III yang akrab disapa Pak Cido ini, adalah tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria: Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp3.000.000,00 per bulan.

Bisa juga, lanjut Rasyid, pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4; “Yang tidak kalah pentingnya memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah,” jelas WR III. Besar beasiswa bidik misi ini adalah Rp 600.000 per bulan yang diberikan langsung ke rekening mahasiswa penerima beasiswa. “Itu tidak termasuk biaya pendidikan (SPP) yang sudah otomatis dibayarkan pemerintah,” tutup Cido. (ab)

Baca juga :