SIMPOSIUM INTERNASIONAL DAN NASIONAL KELAUTAN DAN PERIKANAN IV

Friday, 19 May 2017 - Saturday, 20 May 2017
LATAR BELAKANG
 
Potensi kelautan Indonesia yang amat besar tidak perlu lagi diperdebatkan.  Dengan luas wilayah laut sebesar 70% dengan keragaman hayati terbesar didunia Indonesia selayaknya menjadi pemimpin dunia di bidang kelautan.  Menurut Presiden Joko Widodo, Potensi ekonomi sektor kelautan Indonesia adalah 1.2 triliun dolar AS per tahun dan diperkirakan mampu menyerap tenaga kerja 40 juta orang.  Sayangnya, saat ini kontribusi dibidang kelautan terhadap PDB nasional masih di bawah 30%.  Karena itu, Jokowi menegaskan  bahwa pembangunan sektor kelautan Indonesia harus dipercepat agar sektor ini dapat menjadi penggerak ekonomi bangsa.
 
Era globalisasi dan perubahan iklim dewasa ini menjadi tantangan besar bagi Indonesia dan negara-negara lain di dunia yang saling terhubung dan tergantung.  Indonesia harus mampu bersaing dengan negara-negara lain dalam ekonomi berbasis pengetahuan (knowlwdge-based economy) di tengah ancaman perubahan iklim.  Karena meskipun potensi besar apabila tidak dikelola dengan baik dan tidak berbasis pengetahuan maka kita selalu menjadi terbelakang yang hanya mampu menjual bahan baku ke manca negara dengan harga murah.
 
Untuk menjawab tantangan tersebut, kajian-kajian tentang kelautan dan perikanan terus digalakkan baik oleh anak bangsa sendiri maupun melalui kerjasama dengan institusi luar negeri.  Perguruan tinggi maupun lembaga litbang dan berbagai institusi terkait lainnya melakukan berbagai penelitian guna mengenali lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan, mengembangkan inovasi dan teknologi serta meneruskannya kepada masyarakat pengguna melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Kami berharap, pertemuan antara berbagai kalangan dalam acara simposium ini bukan hanya menghasilkan konsep-konsep pemikiran baru, tapi juga dapat membangun dan semakin memperkuat kerjasama berbagai pihak dalam memajukan Indonesia sebagai negara maritim, demi terwujudnya bangsa Indonesia yang berdaulat, sejahtera, adil, dan disegani dunia.
 
TUJUAN
 
Simposium ini bertujuan untuk bertukar informasi, pengetahuan, pengalaman, diskusi, dan koordinasi dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang kelautan dan perikanan antar para pakar/peneliti dalam dan luar negeri,  perguruan tinggi, lembaga penelitian, praktisi, pemerhati, dan pengambil kebijakan demi meningkatkan potensi, pengembangan dan pemanfaatan sumberdaya perikanan dan kelautan secara berkelanjutan untuk mempercepat pembangunan perekonomian bangsa.
 
 TEMA
 
“Percepatan Pembangunan Ekonomi Kelautan Berkelanjutan di Era Persaingan Global dan Perubahan Iklim”
 
 RUANG LINGKUP 
 
Ruang lingkup simposium adalah berbagai hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berkaitan dengan ilmu dan teknologi bidang kelautan perikanan Indonesia meliputi:
 
Keanekaragaman Sumberdaya Hayati Laut/Marine Biodiversity
Ekologi Kelautan & Konservasi/Marine Ecology & Conservation
Bioteknologi Kelautan/Marine Biotechnology
Budidaya Berkelanjutan/Sustainable Aquaculture
Penangkapan Ikan Berkelanjutan/Sustainable Capture Fisheries
Pengolahan Pasca Panen & Keamanan Pangan/Post-harvest processing & Food safety
Usaha Kelautan & Perikanan/Marine & Fisheries Entrepreneurship
Sistem Sosial-ekologi/Socio-Ecological Systems
Pariwisata Laut/Marine Tourism
Transportasi Laut/Maritime Transportation
Rekayasa & Arsitektur Pesisir/Coastal Engineering & Architecture
Antropologi & Budaya Kelautan/Maritime Antropology & Culture
Hukum & Kebijakan Kelautan/Marine Law & Policy
Pembangkit & Aplikasi Energi Terbarukan/Renewable Energy Generation & Applications
 
visit site